BSIP Pascapanen Belum Menerapkan Pelayanan Prima. Apa Iya?
Pelayanan Prima atau excellent service merupakan suatu pola layanan terbaik dalam manajemen modern yang mengutamakan kepedulian terhadap pelanggan (pengguna layanan). Pelayanan prima tidak berarti pelayanan yang melebihi ekspektasi pelanggan tetapi pelayanan yang dapat mempermudah pengguna layanan sesuai dengan standar pelayanan yang telah ditetapkan.
Dalam rangka meningkatan kualitas pelayanan kepada Masyarakat, Kamis, 2 November 2023, Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Pascapanen Pertanian (BSIP Pascapanen) menyelenggarakan Sosialisasi Penguatan Penerapan Pelayanan Prima dan Kualitas Penyelenggaraan Pelayanan Publik yang bertempat di Kantor BSIP Pascapanen, Kota Bogor. Kegiatan sosialisasi ini diselenggarakan secara hybrid dan diikuti oleh seluruh pegawai BSIP Pascapanen baik yang di Bogor maupun di Karawang.
Kepala Bagian Tata Usaha BSIP Pascapanen, Subaidi dalam arahannya menyampaikan pentingnya kegiatan Sosialisasi Penguatan Penerapan Pelayanan Prima dan Kualitas Penyelenggaraan Pelayanan Publik, sehingga hari ini kami menghadirkan Ombudsma perwakilan Jawa Barat, Marzuqo Septianto yang merupakan lembaga pengawas pelayanan publik pada lembaga pemerintah untuk memberikan materi mengenai penerapan pelayanan prima ini.
“Sebagai badan publik, sudah menjadi tugas dan kewajiban kita bersama untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan prima mengingat mulai tahun ini BSIP Pascapanen mempunyai tiga belas layanan yang diberikan kepada masyarakat seperti layanan RSNI, laboratorium pengujian, laboratorium kalibrasi, Petugas Pengambilan Contoh (PPC), uji profisiensi, sertifikasi produk, Lembaga Pemeriksa Halal (LPH), pemanfaatan alat, inkubasi bisnis, bimbingan teknis, informasi dan konsultasi/kunjungan, magang/PKL, dan perpustakaan” ujar Subaidi.
“Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan BSIP Pascapanen kepada masyarakat. Kami harap juga dengan ilmu pelayanan prima yang telah disampaikan Ombudsman tadi, dapat dijadikan bekal bagi pegawai BSIP Pascapanen untuk mewujudkan slogan ASN yaitu “ASN Bangga Melayani”, tutup Subaidi.
#palayananprima
#agrostandar
#bsipkementan
#bsippascapanen