
BRMP Pascapanen Berkomitmen Berikan Layanan Yang Transparan untuk Publik
Balai Besar Perakitan dan Modernisasi Pascapanen Pertanian (BRMP Pascapanen) menyelenggarakan kegiatan bertajuk Sosialisasi Penguatan Kapasitas SDM dan Tata Kelola BRMP Pascapanen yang Informatif, Transparan, dan Agile. Kegiatan ini berlangsung pada 22 Juli 2025 di Aula Lantai 2 BRMP Pascapanen dan dibuka secara resmi oleh Kepala BRMP Pascapanen, Zainal Abidin.
Dalam sambutannya, Zainal Abidin menekankan pentingnya peningkatan kapasitas sumber daya manusia dan penguatan tata kelola lembaga yang menjunjung tinggi nilai keterbukaan informasi, akuntabilitas, dan responsivitas. “Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen BRMP Pascapanen dalam mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas dan transparan”, ujar Zainal.
Sebagai bentuk nyata komitmen tersebut, kegiatan ini diawali dengan penandatanganan Komitmen Bersama Keterbukaan Informasi Publik BRMP Pascapanen serta penandatanganan Perjanjian Kinerja, yang menjadi landasan untuk mendorong peningkatan transparansi dan akuntabilitas di lingkungan kerja BRMP Pascapanen.
Pada kegiatan ini disampaikan materi dari tiga narasumber yaitu, Kusharyanto dari Ombudsman Republik Indonesia, yang menyampaikan materi tentang Peningkatan Kualitas Layanan Publik BRMP Pascapanen. Dalam paparannya, ia menyoroti pentingnya pelayanan publik yang cepat, tepat, dan berorientasi pada kebutuhan masyarakat.
Kemudian dilanjutkan dengan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik di BRMP Pascapanen oleh Erwin Zulkarnaen dari Biro Komunikasi dan Layanan Informasi, Kementerian Pertanian dan paparan mengenai Penguatan Peran dan Fungsi Satuan Pengawasan Intern (SPI) dalam Tata Kelola yang Akuntabel dan Benturan Kepentingan oleh Heni Nugraha dari Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian.
Kegiatan ditutup dengan sesi diskusi interaktif antara peserta dan narasumber, yang dimanfaatkan secara aktif oleh peserta untuk menggali pemahaman lebih lanjut mengenai pelaksanaan keterbukaan informasi dan penerapan sistem pengendalian internal.
Melalui kegiatan ini, BRMP Pascapanen menunjukkan komitmennya untuk terus bertransformasi menjadi lembaga yang adaptif, akuntabel, dan melayani dengan mengedepankan kepentingan masyarakat.